Cara Alami Mengobati Sariawan dengan Cepat

11 Cara Sembuh dari Sariawan Dengan Cepat dan Tepat serta Efektif Secara Alami

Sariwan - atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan sebutan (stomatitis aftosa) adalah sebuah kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dan memiliki bentuk permukaan yang cekung. Sariawan bisa sangat menyakitkan kita dan dapat mengganggu aktivitas sehari - hari terutama pada saat mengunyah makanan. Kemudian, bagaimanakan cara mengobati sariawan ini? Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengobati penyakit sariawan ini mari kita cari tahu dulu hal - hal apa sajakah yang menjadi penyebab timbulnya sariawan!

11 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Tepat dan Efektif Secara Alami


Cara Alami Mengobati Sariawan  dengan Cepat



Langkah Pertama - Cari Tahu Penyebab Munculnya Sariawan
Sariawan tidak terjadi secara kebetulan, ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya sariawan di mulut, seperti :
  1. Kurangnya nutrisi seperti vitamin B 12 dan vitamin C bisa menyebabkan sariawan. Kekurangan nutrisi seperti ini merupakan faktor potensial yang menyebabkan munculnya sebuah sariawan.
  2. Terkadang sariawan muncul karena kita tidak sengaja menggigit mulut kita. Tergigit secara tiba - tiba dan tidak disengaja seperti ini mungkin adalah hal yang paling sering menyebabkan timbulnya sariawan.
  3. Mengonsumsi makanan atau minuman yang masih panas - panasnya ataupun mengonsumsi makanan yang pedas, seperti keripik balado, sayuran pedas, gorengan + cabai ijo, sambal dan sebagainya. Beberapa orang yang tidak terbiasa menyeruput minuman panas seperti kopi panas dan teh panas biasanya sangat mudah terkena sariawan setelah meminum minuman tersebut saat masih panas.
  4. Sariawan juga bisa muncul sebagai akibat efek samping sebuah produk kesehatan yang tidak cocok dengan tubuh kita. Contohnya seperti penggunaan pasta gigi yang tidak cocok atau mengonsumsi suatu obat - obatan yang memang tidak cocok dengan mulut kita.
  5. Kebersihan mulut yang tidak terjaga juga bisa menimbulkan sariawan. Suka tidak suka kita harus rajin menjaga kebersihan mulut seperti rajin menggosok gigi setiap mandi, berkumur dengan pembersih mulut (mouth wash) agar mulut kita tetap sehat terawat sehingga terhindar dari penyakit sariawan.
  6. Letak pada susunan kawat gigi
  7. Overhang tambalan atau caries gigi dan protesa atau gigi tiruan
Untuk mengetahui penyebab sariawan yang kita rasakan saat ini, cobalah mengingat kembali hal apa saja yang sudah kita lakukan selama satu minggu yang lalu atau pada hari - hari sebelumnya. Setelah penyebab sariawan ditemukan, barulah kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Langkah ke 2 - Hindari Sariawan dengan Menjauhi dan Meninggalkan Penyebabnya
Seperti yang telah kita bahas dalam paragraf sebelumnya, ada beberapa hal penyebab munculnya sariawan. Misalnya saja jika penyebab sariawan kita adalah karena terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, maka berhentilah mengonsumsi makanan tersebut. Kemudian jika sariawan kita disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C, maka penuhilah kebutuhan vitamin C kita hingga kebutuhan vitamin C terpenuhi, misalnya dengan mengonsumsi buah - buahan yang banyak mengandung vitamin C dsb. Jika yang menjadi penyebab  munculnya sariawan adalah karena kebersihan mulut yang tidak terjaga, maka cegahlah sariawan dengan cara rajin menyikat gigi atau membersihkan mulut.

Langkah ke 3 - Pengobatan Sariawan dan Langkah - langkah Menghilangkan Rasa Sakit
Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar dapat menghilangkan rasa sakit sariawan serta cara mengobati sariawan tersebut hingga benar - benar sembuh, di antaranya adalah sebagai berikut ini :
  1. Minum Obat Parasetamol atau Mefenamat
    Untuk menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan, kita bisa menggunakan obat kumur ataupun obat yang diminum. Untuk obat yang diminum, kita bisa menggunakan parasetamol atau asam mefenamat. Jangan lupa untuk meminta resep dokter, atau perhatikan sendiri dosisnya, jangan sampai berlebihan atau baca petunjuk sebelum mengonsumsi obat - obatan tersebut.
  2. Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda
    Ternyata kita juga bisa membuat obat sariawan buatan kita sendiri, caranya adalah dengan membuat sebuah pasta yang terbuat dari bahan makanan seperti garam dan baking soda. Rupanya cara membuat obat ini tidaklah sulit, cukup mudah karena kita hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda serta menyatukan keduanya dengan sedikit air. Cara menggunakan obat ini cukup dengan mengoleskannya pada luka sariawan, kemudian tunggu sekitar lima sampai sepuluh menit agar obat tersebut bekerja secara optimal. Langkah terakhir adalah membasuh olesan obat tadi dengan air bersih.
  3. Air Kelapa
    Kamu boleh percaya atau tidak, ternyata air kelapa dikenal dengan pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan kita. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), air kelapa ternyata juga bagus untuk mengobati sariawan.
  4. Pisang dan Madu
    Kita juga bisa membuat pasta dari pisang dan madu untuk mengobati sariawan. Caranya adalah, haluskan  terlebih dahulu pisangnya menggunakan sebuah sendok atau biar lebih mudah dan cepat pisang tersebut dihaluskan menggunakan blender. Setelah itu campurkan pisang yang sudah dihaluskan tadi dengan madu secukupnya. Kemudian oleskan pada luka sariawan (ulkus).Obat ini berfungsi untuk mencegah peradangan
  5. Daun Jambu Biji
    Daun jambu biji yang terkenal sebagai obat diare ternyata mempunyai manfaat lain, salah satunya untuk mengobati sariawan. Cara menyembuhkan sariawan menggunakan daun jambu biji adalah dengan mengunyah beberapa daun jambu biji kemudian berkumur.
  6. Yogurt
    Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Dengan demikian kita dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, jika tidak sedang sariawan, dengan mengonsumsi yogurt ini maka  kita juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.
  7. Minum Vitamin
    Minumlah
    vitamin C yang merupakan obat ampuh panas dalam.
  8. Konsumsi Buah-buahan 
    Misalnya anda bisa memakan tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda. Buah - buahan yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah - buahan yang banyak mengandung air.
  9. Bawang Putih dan Pepaya
    Kita juga dapat menggunakan bawang ataupun pepaya untuk mengobati sariawan, caranya  adalah dengan menempelkannya langsung ke bagian luka sariawan.
  10. Minyak Kelapa dan Madu
    Minyak kelapa bersifat anti bakteri, anda dapat mencapurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian luka sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap anda hendak tidur.
  11. Kunyit ini memang tumbuhan super, selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumu masak, kunyit juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan. Selain itu juga kunyit ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, caranya buatlah pasta dari kunyit. Langkahnya cukup mudah, cuci bersih kunyit, kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya anda oleskan pada bagian luka sariawan.
  12. Sirsak & Leci
    Sirsak merupakan obat penghilang rasa sakit karena luka sariawan. Cobalah perhatikan minuman - minuman yang sering kita konsumsi untuk menahan rasa sakit karena sariawan. Minuman tersebut kebanyakan mengandung ekstrak buah sirsak dan leci.
Demikianlah 11 cara sembuh dari sariawan yang kami rangkum dari berbagai tulisan - tulisan yang membahas mengenai cara sembuh dari sariawan. Semoga cara menyembuhkan sariawan yang kami berikan dapat membantu kamu untuk sembuh dari sariawan lebih cepat.
Previous
Next Post »
0 Komentar